JoomlaLock.com All4Share.net
PERINGANTAN PEKAN IMUNISASI DUNIA 2019 DI KECAMATAN KOTA BARU

Ketua PKK Kota Jambi gelar peringatan Pekan Imunisasi Dunia, sekaligus langsung memberikan Imunisasi kepada anak-anak diwilayah Kecamatan Kota Baru.

Pemerintah daerah mengupayakan peningkatan cakupan imunisasi sebagai bagian dari tanggungjawab melindungi anak-anak di wilayahnya. Anak yang terkena penyakit yang dapat dicegah imunisasi, dapat menyebarkan penyakit ini ke banyak anak lain.

 

Perlu diketahui, penyakit-penyakit yang seperti hepatitis B, TBC, polio, difteria, pertusis, tetanus, campak, pneumonia dan meningitis dapat menyebar dengan cepat, bahkan melewati batas negara. Dengan imunisasi, kita melindungi anak-anak kita dan anak-anak di seluruh dunia.

Di berbagai negara di dunia, kurangnya persediaan vaksin, akses terhadap layanan kesehatan, kurangnya pengetahuan masyarakat serta kecilnya dukungan  politis dan financial menjadi penyebab kesenjangan cakupan imunisasi.

Kondisi geografis Indonesia juga merupakan tantangan bagi program imunisasi, selain kurangnya pengetahuan masyarakat dan kurangnya informasi tentang imunisasi, Pemerintah juga telah menggiatkan program promosi kesehatan dalam rangka penyebarluasan informasi tentang pentingnya imunisasi.

 

Diperkirakan di seluruh dunia, pada tahun 2013, 1 dari 5 anak atau sekitar 21,8 juta anak tidak mendapakan imunisasi yang bisa menyelamatkan nyawa mereka. Di Indonesia, Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) mencapai 86,8%,dan perlu ditingkatkan hingga mencapai target 93% di tahun 2019. Universal Child Immunization (UCI) desa yang kini mencapai 82,9% perlu ditingkatkan hingga mencapai 92% di tahun 2019.

“dengan adanya program pemerintah kami berharap dapat Bergandeng tangan dengan melakukan percepatan upaya, penguatan program imunisasi rutin, mendukung upaya pengembangan vaksin yang lebih baik. Bersama, kita mewujudkan cakupan imunisasi yang tinggi dan merata khususnya di daerah kota jambi” tutur Ibu Yuliana Fasha.(iel)

 

buWALi